Pengenalan Ciri Khas Pohon Hari ke-1

Apa kabar para pembaca??

Kali ini saya akan menulis artikel tentang proses saya dalam mengenal jenis-jenis pohon kehutanan demi masa depan kuliah saya. berikut 2 pohon yang saya amati:

  1. Pohon Keben atau Butun (Baringtonia asiatica)

Kingdom: Plantae

Ordo: Ericales

Famili: Lecythidaceae

Genus: Baringtonia

Spesies: Baringtonia asiatica

Pohon ini adalah pohon yang biasa tumbuh di daerah pantai. Namun saya tidak mengamati pohon ini di pantai dikarenakan pantai terlalu jauh dan juga Fakultas Kehutanan UGM telah berhasil menanam begitu banyak jenis pohon kehutanan dari seluruh Indonesia yang di tanam di sekitar Universitas Gadjah Mada. Menurut saya ciri khas yang saya dapatkan ketika mengamati pohon ini yaitu, daun yang besar dan bentuk daun yang ujungnya berbeda dengan pohon biasanya yaitu membulat. Jika masih tidak yakin dengan mengamati bentuk daunnya, saya lebih suka mengamati buahnya yang bentuknya khas.

2. Pohon Sawo Kecik

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ericales

Famili: Sapotaceae

Genus: Manilkara

Spesies: Manilkara kauki

Pohon ini adalah sejenis pohon penghasil buah pangan yaitu sawo-sawoan. Menurut saya ciri khas yang saya dapatkan adalah warna bawah dan atas daun yang berbeda. Atas daun berwarna hijau tua, sedangkan bawah daun berwarna cokelat kemerah-merahan. Jika masih tidak yakin, saya akan mencari buah dari pohon ini yaitu sawo kecik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.